9/12/2011

Umpar Dorong Pembelajaran Aktif di Sekolah

Universitas Muhammadiyah Kota Parepare (Umpar) Ahad 11 September, menggelar seminar sehari dirangkaikan dengan kuliah semester ganji TA 2011-2012 program pascasarjana di Gedung Pascasarjana Umpar.
Kegiatan bertajuk urgensi media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technologi) untuk meningkatkan pembelajaran aktif perguruan tinggi. Kegiatan diikuti sekitar 100 mahasiswa pascasarjana dibuka Direktur Program Pascasarjana (PPS) Umpar Prof Dr HM Siri Dangnga MS. Dalam sambutan dia mengatakan, PPs Umpar telah merintis perpustakaan digital yang sekarang telah memiliki buku-buku agama elektronik berupa taksiran tafsir Alquran terjemahan beberapa bahasa yakni Melayu, Inggris, Prancis, Jerman, dan Spanyol. "Serta memiliki kitab hadis kutubut tis'ah sembilan imam yang jumlahnya puluhan ribu hadis," katanya. Dia menjelaskan, salah satu media pembelajaran yang berkembang dewasa ini adalah multimedia berbasis komputer dan interactive video meskipun definisi multimedia masih belum jelas. Namun secara sederhana diartikan sebagai lebih dari satu media. Wakil Rektor I Umpar Dr Drs Amaluddin MHum yang membawakan materi meningkatkan pembelajaran aktif (Active Learning ) di sekolah dasar dan menengah mengatakan, untuk menumbuhkan pembelajaran yang pakem, sekolah harus mengubah paradigma pendekatan dalam pembelajaran. Pembelajaran aktif, guru dapat mengoptimalkan empat pilar tujuan pendidikan global. "Pembelajaran aktif bermakna penerapan pembelajaran aktif di sekolah didasari pada prinsip cara belajar terbaik bagi siswa adalah dengan melakukan dan menggunakan atau melibatkan semua indranya. Dan dengan mengeksploritasi lingkungan atau tempat tinggal dan kejadian yang terjadi dalam kehidupan nyata secara optimal dan bermakna," jelasnya